texs mlaku

MENU

Panduan Traffic Shaping

Ass Wr Wb
SUMBER  http://forum.pfsense.org/index.php/topic,36825.0.html

1. Gambar di bawah adalah perbandingan kondisi ping request sebelum diterapkan Traffic shaper



2. Gambar di bawah adalah perbandingan kondisi ping request setelah diterapkan Traffic shaper



3. Gambar Display pada Traffic Graph sebelum dishap



4. Gambar Display pada Traffic Graph setelah dishap



5. Prinsip yang saya gunakan berdasarkan salah satu sumber racikan TS sesuai dengan table dibawah ini.



Gambar status Queue yang sedang bekerja. qACK on WAN menunjukan upload bandwith yang digunakan saat download sesuai fungsinya dan qOthersHigh on WAN menunjukan upload bandwith ICMP. qOthersHigh on LAN menunjukan Download bandwith ICMP dan qOthersLow on LAN menunjukan Download bandwith sebagai Default Queue.



6. Membuat Traffic Shaping Limiter dan pengecekan status limiter nya dengan pada menu Diagnostics->Limiter Info apakah sudah tersimpan dengan benar. Dibagi dalam  (5 limiter) tujuan  utamanya hanya membagi bandwith untuk protocol yang perlu bandwith minim tetapi butuh kelancaran streaming dengan prioritas tinggi dan protocol yang perlu bandwith besar dengan prioritas yang bisa tunda. Cara memasukan Shaper Limiter ke dalam filter (Firewall rule) akan dijelaskan kemudian.



Dibawah contoh pembagian Bandwith untuk koneksi 256/1024 KBps, untuk koneksi dengan kecepatan yang berbeda bisa langsung dikalikan dengan angka prosentasenya , sebagai berikut :

ICMP               Bandwith   5KB
Default            Bandwith    79.8% (800Kb)
Other              Bandwith   19.8% (200Kb)
Default_upload Bandwith   49.8% (120Kb)
Other_upload   Bandwith   49.8% (120Kb)





7. Upload file Aliases-Config Link Downloadnya http://www.freefilehosting.net/configfile



8. Cara pertama sebelum upload file Shaper-Config nya harus dilakukan penyesuaian bandwith yang digunakan, sebab pada file ini bandwith yang digunakan 256Kb/1024Kb. Cara edit file Shaper-Config nya bisa di open dengan program Notepad, Wordpad  atau lebih mudah dengan MSWord 2007 karena sudah support XML data View.

Cari Queue pada interface WAN iface (upload), yang mempunyai satuan (Kb) diedit sesuai bandwith upload yang dimiliki, ada 4 value yang diedit, yaitu pada qWAN _If (interface) dan pada qInternet nya saja. Queue lainnya menggunakan (%) tidak perlu di edit.
Untuk Queue pada  LAN iface (download) caranya sama dengan diatas hanya yang diisikan bandwith download nya. Sekali lagi ini untuk single WAN dan single LAN. Untuk multi WAN dan multi LAN perlu ditambahkan Queue pada masing-masing interface dengan jalan melakukan Clone Queue dan masih harus dilakukan penyesuaian lagi.

Cara kedua diupload terlebih dahulu dan dilakukan pengeditan pada bagian qWAN,qInternet on WAN,qLAN dan qInternet on LAN. Seperti gambar dibawah





9. Upload File Shaper-Config



10. Kemudian  upload file filter-Config nya (rule). Setelah filter-Config diupload yang perlu diperhatikan bahwa Router harus di reboot dahulu. Webconfigurator akan dapat diakses melalui port 81 terjadi karena pada saat backup config menggunakan port 81 pada anti lockout rule nya. Bisa diganti sesuai selera kemudian. Rule akan Nampak pada interface Floating karena diterapkan sekaligus pada iface WAN dan LAN.





11. Menginputkan TS Limiter pada seluruh daftar Firewall Rule satu per satu berdasarkan table di bawah ini. Dilakukan pada menu Firewall->Rules->Floating->Edit(e), dengan mengedit semua daftar filter seperti gambardi bawah. Direction dirubah semua kearah Out, kemudian dibagian bawah dengan scroll mouse dapat ditemukan kolom untuk menginputkan limiter pada bagian In/out->Advanced. Yang diinputkan bisa dilihat di daftar limiter di bawah ini.



Gambar setting Direction dan input Limiter pada saat edit firewall rules





Pada saat daftar rule telah terisi dengan limiter akan ada huruf A pada lingkaran ungu.



12. Kemudian jangan lupa untuk reboot Pfsense. Untuk pengecekan bisa dilakukan dengan ping ke DNS dan sekaligus mendownload file dengan download tool yang support multi thread.


COBA
19.8% dari download bandwith cukup ga ya ? kemaren saya set demikian buat qgames disisi LAN yang sudah dipisahkan dari bandwith downloadnya web/mail(http/https). kalo upload nya sudah saya set 49.8% lewat upload bandwith yang dipisahkan dari qOthersLow yang dilalui web/mail (http/https).Hanya saya satukan dengan SSH,VOIP dan VPN yang kebetulan penggunaanya di tempat saya tes agak jarang-jarang.

    Mungkin ada hitungan yang salah, sebab kemaren user main game PB dll 4-5 user saya cek traffic graph nya kok berkisar 5-15K aja. Mohon masukan dari rekan-rekan PFSI untuk jelasnya penggunaan bandwith buat game online.
 Sebelum lupa kalau ada yang mau laporkan hasil tesnya,

1. Dicoba untuk filter ke port game (10000- 60000) untuk bagian upload tidak perlu melewatkan qACK hasilnya bagaimana, agar terpisah dari qACK yang dipakai untuk port http/https.

Pass TCP/UDP *   *   *   10000-60000   *   qACK/qGames

Diubah menjadi ===>

Pass TCP/UDP *   *   *   10000-60000   *   qGames

2. Kalau user game prioritas sama dengan browsing bisa juga pembagian bandwith di TS limiternya diubah menjadi 50% / 50% agar adil dan tidak mudah lag. sebab setting yang lalu perbandingannya 20% / 50%.

3. Hal yang ketiga dicoba untuk filter (rule list firewall) untuk port game diletakkan pada urutan paling atas, mungkin bisa membantu respon filter lebih gegas (agresif) dibanding filter yang lain. Selain itu juga pada HFSC TS sudah diset pada prioritas yang tinggi. Info nya bisa dilihat di menu TS nya. Kalau tidak salah prioritas nya 5.

 === Melansir Info ===

Untuk nilai LAN QUEUE kelihatannya tidak pengaruh terhadap nilai download dari ISP, sesuaikan aja dengan kemampuan Hardware Server kita. Saya sudah terapkan nilai LAN QUEUE dari 1mb. 10mb hingga 100 MB, malah hasil Transfer PROXY HIT ke client yg meningkat. Saya sudah coba LAN QUEUE 100mb dan hasil Transfer PROXY HIT dengan rate hingga 70mb.

 Up to 3Mb Speedy berarti Bandwith sekitar (768/3072Kbps)

Dicoba diset demikian, dan langkah-langkahnya di coba dilakukan lebih seksama

Traffic Shaping Limiter coba diset pada ukuran demikian

ICMP  ----------> 5 Kb
Default --------->2872 Kb
Other   --------->200 Kb
Default_Upload -->648 Kb
Other_Upload --->120 Kb

Setelah diupload terlebih dahulu shaper-config-pfsense.localdomain-20110518041450.xml,lakukan pengeditan pada bagian qWAN,qInternet on WAN masing-masing diisi dengan 786 Kb,dan qLAN dan qInternet on LAN diisi dengan 3072 Kb.

Wss Wr Wb