texs mlaku

MENU

PPOE on Modem vs PPOE on pfsense

1.   Cara termudah untuk menghubungkan Modem inet ke pfsense adalah dengan set PPOE  conn di sisi modem. Dengan demikian Ip address pada LAN modem dan IP address pada WAN/OPT bisa diset static. Dan DNS bisa didefinisikan pada menu System -> General di pfsense.

2.   Yang kedua Modem tetap diset DHCP server aktif. Artinya WAN/OPT iface pada pfsense menunggu IP address yang disediakan DHCP server pada Modem atau WAN/OPT iface pada pfsense menjadi DHCP Client. Bila bersikeras melakukan set sedemikian maka solusi yang diambil adalah melakukan set “ MAC ADDRESS FILTER “ pada modem dinyalakan. Agar tidak terjadi salah pengalamatan hardware pada jaringan dengan topolagi multiWAN. Maka disini pentingnya untuk mengganti mac address pada WAN iface (VLAN) agar berbeda dengan mac address pada LAN iface (physical Ethernet).

3.   Untuk pfsense 1.2.x baru mensupport PPOE conn pada WAN iface sedangkan untuk WAN ke dua OPT belum tersedia. Pfsense 2.0 beta x, sudah support PPOE conn untuk multi WAN. Dengan demikian modem bisa di set brigde agar informasi account internet nantinya diisikan pada WAN iface di pfsense. Hal ini akan mudah bila koneksi modem ke mesin pfsense langsung melalui kabel utp dan tidak melawati HUB/switch. Tetapi bila HUB/swith digunakan, dimana hub/switch digunakan juga untuk unit computer yang lain maka untuk mencegah salah pengalamatan “ MAC ADDRESS FILTER “ pada modem harus dinyalakan dengan set “ denied all mac address except (receive only) mac address dari WAN iface yang ada di pfsense “. Dibawah contoh menu MAC address filter pada salah satu modem adsl.

4.   Pada pfsense 2.0 beta x, terdapat issue “ auto-reconnect “ yang tidak bekerja, yang mana tidak terjadi jika PPOE conn diset di modem. Untuk itu bagi yang berniat menset PPOE conn pada pfsense versi 2.0 beta x, untuk melakukan patch dulu. Patch tersebut berkaitan dengan setting pada file “mpd” nya. Yang mana mpd harus diupgrade ke mpd5. File upgrade mpd biasanya sudah ada di pfsense 2.0 beta x. Untuk pfsense 1.2.3 dan pfsense 2.0 beta4 yang terakhir auto-reconnect issue sudah di fix. pfsense 2.0 beta4 update terakhir bisa di download di http://snapshots.pfsense.org/ . Dibawah cara patch file mpd5, jika pfsense 2.0 beta4 last update atau pfsense 1.2.3 belum juga dijumpai.

Enable SSH yang ada pada menu System -> Admin Access
 Download putty.exe , untuk mendapatkan sangat mudah banyak informasinya di search engine dengan keyword “ putty free download “. Dibawah gambar setting ssh access dengan putty.


Setelah login berhasil , yang biasanya dengan user : admin pass : pfsense, masuk dengan mengetikan menu 8.


Ketikan perintah berikut
# which mpd5
# cd /
# /etc/rc.conf_mount_rw
<fetch or scp the mpd5.txt file to the box somehow>
# patch -p1 < /root/mpd5.txt
# /etc/rc.conf_mount_ro

Hasilnya berikut :
# cd /
# /etc/rc.conf_mount_rw
# patch -p1 < /root/mpd5.txt
Hmm...  Looks like a unified diff to me...
The text leading up to this was:
--------------------------
|diff --git a/etc/inc/interfaces.inc b/etc/inc/interfaces.inc
|index 54808a6..f4bd81e 100644
|--- a/etc/inc/interfaces.inc
|+++ b/etc/inc/interfaces.inc
--------------------------
Patching file etc/inc/interfaces.inc using Plan A...
Hunk #1 succeeded at 2030 (offset 19 lines).
Hunk #2 succeeded at 2063 (offset 19 lines).
Hunk #3 succeeded at 2089 (offset 19 lines).
Hunk #4 succeeded at 2100 (offset 19 lines).
Hunk #5 succeeded at 2111 (offset 19 lines).
Hunk #6 succeeded at 2127 (offset 19 lines).
Hmm...  Ignoring the trailing garbage.
done
[2.0-BETA1]
# /etc/rc.conf_mount_ro

6.   PPOE conn yang diset di pfsense berguna untuk mempermudah pengaturan jika firewall pfsense digunakan untuk web/mail/ftp server, PVN,SNMP,Radius Server , Billing & Voucer. Sementara juga ada yang berpendapat bahwa PPOE conn yang diset di pfsense akan meminimalisir “ data packet loss  “ . Hal ini dikarenakan fungsi router yang ada pada Modem ADSL sudah dihandle pfsense yang lebih “ GAHAR “ spesifikasi hardwarenya dari pada routerboard yang ada disisi Modem.